Asal Usul Pecel Lele

Pecel-Lele

Namanya pecel biasanya orang langsung tertuju pada makanan khas Jawa Timur yang isinya sayuran campur, dibalur dengan sambel kacang di atasnya dan biasanya disajikan di atas daun pisang. Kadang pecel enak ditemani dengan aneka gorengan, seperti bakwan, tempe mendoan atau tahu goreng. Seorang kawan heran ketika datang ke Jakarta dan menemukan pecel yang dia inginkan tidak sesuai dengan ekspektasinya seperti pecel yang biasa dijual di daerah Jawa Timur. Ketika ia mendatangi warung pecel lele, dia bingung karena di dalam “pecel” tersebut tidak ada sayur mayur dengan bumbu kacang. Padahal, warung itu tertulis “Pecel Lele Lamongan”.

Usut punya usut, ternyata Pecel Lele yang saat ini tersebar luas di Jakarta—sama halnya seperti penyebaran franchise makanan cepat saji—sebetulnya memang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Lalu apa yang membuat Pecel Lele tersebut tidak seperti pecel sayur berbumbu kacang?

Pada dasarnya Pecel Lele Lamongan yang saat ini dijual di Jakarta, mempunyai nama asal “Pecek” yang artinya lauk yang dipenyet atau digeprek kemudian diberi sambal, di atas atau di samping lauk itu. Pecek memang bermacam-macam. Ada pecek lele, pecek ayam atau pecek terong.

Sesampai di Jakarta, nama pecek asal Jawa Timur bersaing dengan masakan khas Betawi yang bernama pecak. Bahan pecak pun hampir mirip dengan pecek, biasanya lauk yang dijadikan pecak adalah ikan air tawar salah satunya pula lele yang digoreng. Bedanya, sambal pecak agak berkuah dan kadang diberi santan, sedangkan sambal pecek yaitu cabe, bawang dan terasi.

Biar pecek dan pecak tidak saling mencak-mencak, pecek lele mengalah dan merubah nama menjadi pecel. Sedangkan pecel sayur pun juga tetap eksis beredar di Jakarta dengan saus kacangnya.

Advertisements

3 thoughts on “Asal Usul Pecel Lele

  1. Tania 30 November 2016 / 8:09 pm

    I’m Megan from IDNtimes. We would like to feature your original photos as part of our content. The credit’s still yours and we will put the backlink to your blog. If you feel uncomfortable, please tell us at tania@idntimes.com.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s