Olahan Baru si Ikan Berkumis

bonile
Bonile (Abon Ikan Lele) olahan dari Lampung

Siapa yang tidak mengenal pecel lele? Sebagai orang Jakarta maupun pinggiran Jakarta,warung-warung tenda yang berderet di pinggir jalan menjajakan masakan ikan lele goreng plus sambal ini bukanlah hal asing. Bahkan, pecel lele bisa dibilang sebagai junk food nya Indonesia karena lumayan praktis dan harga tidak membuat kantong bolong.

Sekarang, si ikan air tawar berkumis ini tidak hanya disajikan di pinggiran jalan saja tetapi dengan inovasi lain. Di tangan para komunitas Ibu-ibu petani ikan atau Komunitas Wanita Tani (KWT) di Pringsewu, Lampung, ikan lele diolah menjadi abon ikan lele. Kualitas rasa daging ikan lele juga tidak kalah dibanding abon sapi maupun abon ayam. Dengan olahan baik, abon ikan lele ini dapat menipu lidah penikmatnya.

Abon ikan lele ini tidak hanya dinikmati dalam bentuk abon biasa saja, tetapi ada pula roti abon seperti roti yang ada di toko roti hits masa kini. Banyak yang tidak percaya dan saya sendiri pun tidak percaya kalau abon maupun roti abon yang dimakan itu berasal dari ikan lele karena tidak ada bau dan rasa amis sama sekali. Tekstur abonnya pun lembut dan padat.

Olahan ikan lele ini dikoordinasi oleh Ibu Suratin, Kelompok Wanita Tani (KWT) ikan lele di daerah Pringsewu, Lampung. Ia menjelaskan, abon ikan lele ini mulai berproduksi sejak tahun 2013 sampai saat ini dengan bantuan supervisi dari Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) bekerja sama dengan Yayasan CP Prima.

Saat ini abon ikan lele sudah dipasarkan secara umum, namun penyebaran pasarnya masih di sekitar Lampung. Ibu Suratin berharap abon ikan lele dapat didistribusikan sampai ke luar Lampung, bahkan kalau bisa menjadi salah satu ikon oleh-oleh Khas Lampung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s