Sensasi Sedap Asal Ranau

Gulai Pepenyok asal Lumbok, Lampung Barat
Gulai Pepenyok asal Lumbok, Lampung Barat

Tidak banyak memang orang yang mengenal danau cantik ini, seakan ia bersembunyi di antara daerah-daerah lain di Lampung yang lebih dikenal. Namun, datang ke tempat ini kita tidak hanya disajikan bentangan danau, bukit-bukit menjulang dan para nelayan yang mencari ikan di tengah danau, tetapi ada satu makanan khas Ranau yang dapat membuat lidah tak henti menari.

Adalah gulai pepenyok, gulai yang berbahan dasar ikan nila ditangkap langsung dari danau ini berbeda dari gulai ikan lain. Bentuk gulai ini perpaduan antara bumbu balado, bumbu pindang dengan sedikit santan. Kuahnya yang pedas dan berminyak tetapi terasa segar tanpa eneg.

Menurut penduduk setempat, awalnya Gulai Pepenyok ini disajikan untuk penyambutan orang-orang yang datang khusus ke Danau Ranau. Gulai ini dahulu tidak disajikan secara sembarang dan tergantung pesanan atau kegiatan di Danau tersebut. Tapi sekarang, Gulai Pepenyok ini sudah menjadi ikon kuliner khas Kecamatan Lumbok.

Menuju Ranau memang harus melewati jalan berliku dan hutan di kanan kiri, namun ketika sudah sampai di tempat tujuan, rasa lelah anda menempuh jalan berkelok-kelok terobati. Di sana ada beberapa pondok yang disewakan sebagai villa. Pondok dengan bentuk rumah panggung dari kayu khas Sumatera dan menghadap langsung ke Danau bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s